Menu Tutup

Audit

Jasa Audit

Jasa audit merupakan jasa yang hanya dapat diberikan oleh akuntan publik.

Jasa audit bertujuan untuk menilai kewajaran atas laporan keuangan apakah sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku. Jasa audit diwajibkan untuk mengikuti standar profesional akuntan publik dan kode etik. Standar profesional mengharuskan jasa audit dilakukan secara independen, dengan melalui proses yang sesuai standar dan bukti-bukti audit yang cukup. Audit laporan keuangan digunakan untuk evaluasi atas kinerja perusahaan atau track record untuk keperluan para pemegang saham, pemberi pinjaman (bank dan sejenisnya), atau calon pemberi pekerjaan/pelanggan.

KJAGSP sebagai platform jasa profesional menyediakan akses bagi perusahaan yang membutuhkan jasa audit kantor akuntan publik. KJAGSP membantu perusahaan untuk memberikan rekomendasi KAP yang tepat untuk bidang usaha/skala dan kebutuhan perusahaan. KAP yang tepat bukanlah yang besar atau KAP yang paling murah, tetapi KAP yang mempunyai keahlian/pengetahuan terkait sektor usaha perusahaan atau kecukupan waktu, perhatian dan sumber daya untuk mengerjakan pekerjaan secara berkualitas.

KJAGSP menyediakan sistem dimana klien audit dapat mengirimkan data, memonitor progress pekerjaan audit, dan berdiskusi secara lebih efektif dengan kantor akuntan publik yang terdaftar di KJAGSP.

Peran KJAGSP bagi Kantor Akuntan Publik

KJAGSP memiliki misi mendukung usaha kantor akuntan publik agar dapat berorientasi kepada hasil yang kualitas. Kantor akuntan publik yang tergabung menjadi mitra KJAGSP memperoleh training, kertas kerja, sistem informasi dan kesempatan agar dapat memperoleh klien lebih banyak dan berkualitas.

Berapakah biaya audit?

Biaya audit ditentukan dari lama waktu mengerjakannya (manhours) bergantung kepada tingkat kompleksitas dan kesiapan manajemen dalam memberikan bukti-bukti audit atau estimasi untuk melakukan perhitungan kembali atas suatu hal (jika dibutuhkan). Untuk itu, calon klien diminta untuk mengisi formulir data/informasi yang dibutuhkan (prospective client form) agar kami dapat memberikan estimasi biaya dan waktu pekerjaannya.

Layanan Lainnya : KAP Murah Profesional

Apakah bisa audit diselesaikan dengan cepat?

Kecepatan waktu penyelesaian audit ditentukan oleh waktu tanggapan dari pihak ketiga dan proses pemeriksaan catatan keuangan ke bukti-bukti transaksi, yang dipengaruhi dari kesiapan dan keberadaan tim manajemen klien dalam mendukung proses audit. Pada umumnya audit diselesaikan paling cepat dalam waktu 1 bulan atau dalam kasus tertentu lebih cepat dikarenakan kompleksitas transaksi dan keuangan yang sangat rendah.

Cara Kerja

Calon klien memberikan data-data/informasi yang dibutuhkan. KJAGSP berkordinasi denga mitra profesional memberikan estimasi biaya jasa audit dan waktu penyelesaian. Jika klien setuju maka klien melakukan pemesanan jasa. Klien akan diminta untuk menandatangani surat perikatan jasa audit. Klien memberikan data yang diminta oleh mitra profesional. Auditor akan melaksanakan audit, melakukan analisa keuangan dan bisnis klien, analisa risiko-risiko, perhitungan fisik atas aset, observasi proses usaha, berdiskusi dengan pelaksana dan manajemen, memeriksa data kepada bukti transaksi, memeriksa kontrak/perjanjian komersial, mengevaluasi standar akuntansi yang diterapkan oleh klien, melakukan konfirmasi kepada pihak ketiga terkait saldo-saldo aset, utang, dan ekuitas, dan meminta pernyataan pernyataan dari klien, dan terakhir adalah menganalisa dan menelaah temuan audit, membuat usulan koreksi laporan keuangan, dan menyimpulkan hasil audit dengan mengeluarkan hasil audit berupa opini audit dalam bentuk laporan auditor independen.

Apa saja penilaian hasil audit?

Hasil dari keseluruhan pemeriksaan yang dilakukan oleh auditor adalah berupa opini audit. Terdapat beberapa jenis opini audit berdasarkan tingkat kewajaran dari informasi yang disajikan didalam laporan keuangan setelah dilakukan audit. Jika informasi yang disajikan di laporan keuangan terkait hal yang material adalah wajar, maka opininya adalah opini wajar tanpa pengecualian. Jika terdapat satu atau dua hal yang tidak mengikuti standar akuntansi keuangan tetapi tidak mempengaruhi keseluruhan laporan keuangan, maka opini audit dapat berupa opini wajar dengan pengecualian. Jika auditor menemukan dalam hal-hal yang material terdapat ketidakwajaran dan berpengaruh terhadap penyajian dari laporan keuangan keseluruhan maka opininya adalah tidak wajar. Jika auditor tidak dapat menyimpulkan dikarenakan tidak memperoleh data yang mencukupi untuk melakukan pemeriksaan maka opininya adalah tidak menyatakan pendapat.

Layanan Terbaik Lainnya:

Pesan Jasa Audit

Silakan menghubungi kami di nomor 0812-1970-077, kami akan dengan senang hati membantu anda.

Open chat
1
Hallo👋
Ada yang bisa kami bantu?
Powered by